Selasa, 08 September 2009

kilasan SAP

Sekilas

SAP adalah software aplikasi yang berguna untuk mengimplementasikan konsep ERP (Enterprises Resources Planning) yang merupakan konsep sistem informasi yang mengintegrasikan antara beberapa bagian yang saling terkait di sebuah perusahaan. Pada awalnya konsep ERP hanya mencakup proses manufaktur saja, tetapi dengan berkembangnya waktu ERP berkembang merambah ke bidang-bidang usaha yang lain.

SAP faktanya memegang lebih dari 80% ERP application di Indonesia. SAP dipakai hampir disemua lini industri, walaupun awalnya dirancang untuk manufacturing industri. Sehingga tahun 90-an awal Astra Intl, Toyota, Indofood termasuk perusahaan perusahaan pionir untuk implementasi SAP di Indonesia. Meskipun demikian Banking dengan Core Banking-nya, atau Telco dengan Billing Systemnya, tetap bisa menggunakan SAP ini karena system modularnya yang bisa dipakai.

Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP termasuk sangat lengkap. Dulu programmer – programmer kita umumnya hanya membuat satu modul saja, misalkan Sistem Informasi penggajian, SI. Keuangan, SI. Perencanaan. Tapi SAP menggabungkan semuanya dari ujung-ujung. Yang artinya, detik ini warehouse department di Sidoarjo mengeluarkan barang (good issue), manajer accounting di headoffice di Cakung Jakarta sudah bisa melihat movement barangnya.

Software SAP sendiri secara teknis merupakan aplikasi yang kompleks. Mungkin karena SAP merupakan software aplikasi untuk korporat sehingga ikut berkembang untuk memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan yang sejatinya memang kompleks. Bahkan SAP tergolong software aplikasi yang paling mahal di dunia.

Kemampuan untuk mengimplementasikan konsep ERP melalui software SAP adalah kemampuan yang sangat dicari oleh perusahaan pengguna SAP. Karena masih minimnya jumlah tenaga ahli SAP dan kompleksitas implementasi SAP sebagai software aplikasi untuk ERP maka mereka diburu oleh banyak korporasi dengan iming-iming penghasilan yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar